Rebecca Welch Jadi Wasit Utama Pertama di Premier League

Sejarah akan tercipta di Premier League ketika Rebecca Welch memimpin pertandingan antara Fulham melawan Burnley pada 23 Desember.

Pasalnya, ia akan menjadi wanita pertama yang menjadi wasit utama dalam sebuah laga di kompetisi tertinggi di Inggris ini.

Bulan lalu, Welch yang memulai kariernya sebagai wasit pada 2010 tersebut memang sudah mendapatkan kehormatan sebagai wasit keempat pertama di Premier League.

Welch memang merupakan salah satu wanita terbaik milik Inggris. Ia pernah bertugas pula di Piala Eropa Wanita 2022 dan Piala Dunia Wanita 2023.

Sementara di kompetisi domestik, sebelumnya Welch juga pernah memimpin pertandingan sepak bola pria, yaitu di dalam pertandingan League Two antara Harrogate Town melawan Port Vale pada 2021.

Baca juga: Christian Horner Ragu Red Bull Bisa Ulangi Kejayaan Musim 2023

Selain Welch, Premier League juga menunjuk Sam Allison untuk memimpin pertandingan antara Sheffield United melawan Luton Town pada 26 Desember.

Sosok berusia 42 tahun ini akan jadi pria kulit hitam pertama yang bertindak sebagai wasit utama di Premier League, sejak Uriah Rennie melakukannya pada 2008.

Allison promosi ke Premier League pada Oktober 2022. Saat itu, ia menjadi wasit keempat dalam pertandingan antara Brighton & Hove Albion melawan Chelsea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *