Roberto Martinez: Kedisiplinan Pemain Portugal Kunci Kemenangan Atas Ceko

Timnas Portugal (Foto: Twitter/selecaoportugal)

Roberto Martinez, pelatih Portugal, memuji perjuangan para pemainnya usai mereka menaklukkan Republik Ceko dengan skor 2-1 dalam laga perdana di Euro 2024, Rabu (19/6) dini hari WIB.

Pasalnya, tiga poin dibawa pulang oleh Cristiano Ronaldo dan kolega dengan penuh perjuangan. Mereka sempat tertinggal terlebih dahulu oleh gol Lukas Provod pada menit 62.

Kemudian, tujuh menit berselang, Selecao das Quinas menyamakan kedudukan berkat gol bunuh diri Hranaca. Puncaknya, Francisco Conceicao mencetak gol kemenangan pada menit 90+2.

Baca juga: 

“Hari ini, kami menunjukkan hati dan juga kedisiplinan. Kami bermain dan mengontrol pertandingan. Kami tidak membiarkan Ceko memanfaatkan gol yang mereka cetak. Ini adalah hal terpenting,” kata Martinez.

Selain itu, hasil ini juga memiliki nilai lebih istimewa karena mereka mampu memutus tren buruk. Dari empat pertandingan sebelumnya, Portugal selalu menelan kekalahan ketika tertinggal terlebih dahulu.

“Kami kebobolan, tertinggal satu gol, tetapi tetap mampu memenangkan pertandingan. Kami kalah dari Slovenia setelah kebobolan gol pertama (0-2), begitu pun saat melawan Kroasia (1-2). Namun, pada hari ini, kami menang,” tegas Martinez.

Baca juga:

“Pada hari ini, kami menunjukkan nilai yang sangat berharga dan kami menunjukkan kekuatan dari 23 pemain serta kiper yang ada di sini,” tambah Martinez.

“Situasi memang berat bagi kami pada hari ini. Namun, kami layak untuk menang. Bagi seorang pelatih tim nasional, begitu luar biasa memiliki sekelompok pemain yang gigih dan peduli seperti mereka,” pungkas Roberto Martinez.

Hasil ini membawa Portugal ke posisi kedua di grup F, di bawah Turki yang unggul selisih gol setelah mengalahkan Georgia 3-1. Pada Sabtu (22/6), keduanya akan saling bertemu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *