Italia ke Babak 16 Besar, Spalletti: Performa Harus Ditingkatkan

Luciano Spalletti (Foto: X/Azzurri)

Italia lolos ke babak 16 besar Euro 2024 setelah menahan imbang Kroasia 1-1 pada Selasa (25/6) dini hari WIB. Meski begitu, pelatih Luciano Spalletti mengungkapkan kekecewaannya terhadap performa timnya dan menekankan perlunya perbaikan.

Kroasia memimpin lebih dulu dengan gol Luka Modric pada menit ke-55, menempatkan Italia dalam situasi sulit. Namun, pada menit ke-90+6, Mattia Zaccagni mencetak gol penyeimbang yang penting setelah menerima umpan dari Riccardo Calafiori.

Baca juga:

Hasil imbang ini membuat Italia mengumpulkan empat poin dan berada di posisi kedua grup B, di bawah Spanyol yang mengoleksi sembilan poin. Kroasia, dengan dua poin, berada di posisi ketiga dan gagal melaju ke babak 16 besar.

Spalletti mengakui bahwa meski Italia berhasil lolos, performa mereka masih jauh dari memuaskan. Dia menegaskan bahwa timnya harus bermain lebih baik jika ingin bersaing memperebutkan gelar juara Euro 2024.

Namun, Spalletti juga memuji semangat juang para pemainnya yang tidak menyerah hingga menit terakhir. Dia berharap timnya dapat mengambil pelajaran dari pertandingan ini untuk tampil lebih baik di fase gugur.

Baca juga:

“Ketika pertandingan diselesaikan dengan cara seperti ini, pada akhirnya semuanya menjadi lebih menggairahkan. Tidak ada yang percaya lagi, tetapi para pemain sedikit mengambil risiko dan tetap tenang. Kami harus memberi selamat kepada cara mereka bereaksi,” ungkapnya.

“Pada babak pertama, kami di bawah standar. Jika kami sedikit beraksi, maka kami juga akan mendapatkan hasil yang sedikit,” ucapnya.

“Sebuah sikap di mana anda memikirkan meraih hasil tetapi tidak percaya bisa memenangkannya. Saya berharap lebih dari para pemain. Anda harus menemukan keseimbangan tersebut,” pungkas Spalletti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *