Jurgen Klinsmann Tidak Berencana Mundur Meski Korea Selatan Gagal di Piala Asia 2023

Jurgen Klinsmann

Jurgen Klinsmann menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengundurkan diri sebagai pelatih Korea Selatan meski mereka gagal di Piala Asia 2023.

Pada Selasa (6/2), Taeguk Warriors kalah dari Yordania dengan skor 0-2 pada babak semifinal.

Mereka pun gagal mengakhiri puasa gelar di turnamen ini sejak 1960. Korea Selatan memang menjadi juara dalam dua edisi eprtama (1956 & 1960).

Pelatih asal Jerman tersebut mengakui bahwa kegagalan ini merupakan tanggung jawabnya.

Namun, ia yang baru ditunjuk pada Februari tahun lalu tersebut menilai bahwa dirinya masih bisa membawa tim ini berkembang, terutama untuk Piala Dunia 2026.

“Seorang pelatih selalu bertanggung jawab atas bagaimana turnamen berlangsung untuk sebuah tim. Itu jelas. Tujuan kami adalah mencapai final dan kami tidak bisa mencapai final,” ungkapnya dikutip ESPN.

Baca juga: Christian Horner Diinvestigasi atas Dugaan Perilaku Buruk

“Anda harus menerimanya. Anda harus menerima hasil seperti ini. Hasil ini terjadi karena Yordania hari ini memang layak mendapat hasil tersebut,” ujarnya.

“Saya tidak berencana melakukan apa pun (mengundurkan diri). Saya berencana untuk menganalisis turnamen ini, pulang bersama tim ke Korea, dan berbicara dengan federasi soal apa yang bagus dan tidak terlalu bagus terkait (penampilan di) turnamen ini,” tegasnya.

“Saya pikir, ada banyak hal bagus yang kami lihat. Tim berkembang. Tim masih harus berkembang untuk Piala Dunia di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada dalam beberapa tahun, dengan babak kualifikasi yang sangat sulit. Jadi, banyak pekerjaan di depan kami,” pungkas Jurgen Klinsmann.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *