Gol Kvaratskhelia dan Mikautadze Bawa Georgia ke 16 Besar Euro 2024

Timnas Georgia (Foto: X/EURO2024)

Kejutan besar terjadi di Euro 2024 ketika Georgia berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir fase grup, Rabu (26/6). Kemenangan ini memastikan Georgia lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat tim peringkat ketiga terbaik, dengan mengoleksi empat poin.

Pada pertandingan yang berlangsung di Veltins-Arena, Georgia unggul cepat lewat gol Khvicha Kvaratskhelia pada menit kedua. Gol ini terjadi akibat blunder dari Antonio Silva yang salah memberikan umpan. Georges Mikautadze memanfaatkan situasi tersebut dan mengoper bola kepada Kvaratskhelia yang mencetak gol dengan tendangan keras kaki kiri. mansionsports

Georgia menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-57 melalui tendangan penalti Georges Mikautadze. Penalti ini diberikan setelah Antonio Silva melakukan pelanggaran terhadap Luka Lochosvili di dalam kotak penalti. Mikautadze dengan tenang mengeksekusi penalti tersebut dan membawa Georgia unggul 2-0.

Baca juga:

Portugal, meskipun kalah, tetap lolos ke babak 16 besar sebagai juara grup dengan enam poin. Hasil ini tidak mengubah posisi mereka di puncak klasemen, unggul selisih gol dari Turki yang berada di posisi kedua. Portugal akan menghadapi Slovenia di babak 16 besar pada 1 Juli.

Georgia akan berhadapan dengan Spanyol di babak 16 besar pada 31 Juni. Turki, sebagai runner-up grup F, akan bertemu dengan Austria pada 2 Juli. Pertandingan di grup F menunjukkan persaingan yang ketat dan penuh kejutan.

Baca juga:

Sementara itu, di grup E, Slovakia bermain imbang 1-1 dengan Rumania, dan Ukraina menahan Belgia tanpa gol. Hasil ini membuat keempat tim di grup E mengoleksi empat poin. Rumania menjadi juara grup karena unggul dalam jumlah gol yang dicetak.

Belgia berada di posisi kedua grup E, sedangkan Slovakia lolos ke babak 16 besar sebagai salah satu dari empat peringkat ketiga terbaik. Ukraina menjadi juru kunci dan gagal melaju ke babak berikutnya. Persaingan di grup E sangat ketat dan penuh drama.

Kemenangan Georgia atas Portugal menunjukkan bahwa kejutan masih bisa terjadi di turnamen besar seperti Euro 2024. Tim-tim yang tidak diunggulkan mampu memberikan perlawanan yang berarti dan menciptakan hasil yang tak terduga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *