Spanyol Bekuk Italia, Luis De La Fuente Semringah

Timnas Spanyol (Foto: X/SeFutbol)

Spanyol berhasil memenangkan pertandingan melawan Italia dengan skor 1-0 pada laga kedua mereka di Euro 2024 yang digelar di Veltins-Arena, Kamis (20/6).

Spanyol mencetak gol melalui aksi bunuh diri Riccardo Calafiori pada menit 55 setelah bek Bologna tersebut salah mengantisipasi bola liar di dalam kotak penalti.

Dengan kemenangan ini, Spanyol memuncaki klasemen Grup B dengan enam poin, setelah sebelumnya juga menang 3-0 melawan Kroasia. Hasil ini memastikan langkah mereka ke babak 16 besar Euro 2024.

Pelatih Spanyol, Luis de La Fuente, memberikan pujian tinggi kepada timnya meskipun kemenangan kali ini diperoleh berkat gol bunuh diri. Menurutnya, ini adalah penampilan terbaik tim sejak ia menjadi pelatih pada awal 2023.

Baca juga:

“Ini adalah performa terbaik kami sejak saya menjadi pelatih. Kami bermain baik melawan Italia di Nations League (2022/2023), tetapi penampilan kali ini saya pikir jauh lebih lengkap. Saya sangat bangga dengan hasil ini dan cara kami memenangkannya,” ujarnya.

“Kami begitu superior di lapangan. Saya sangat menghormati Italia. Mereka mendapat banyak kesulitan pada malam ini dan sebagian di antaranya adalah karena kami bermain sangat bagus,” tambahnya.

Luciano Spalletti, pelatih Italia, mengakui pula bahwa timnya memang kesulitan menembus pertahanan Spanyol. Ia menilai timnya banyak melakukan kesalahan dan meninggalkan banyak celah di lapangan.

Baca juga:

“Ada begitu banyak celah di seluruh bagian lapangan. Kami secara konstan tertarik. Kami tidak bisa merapatkan celah di antara setiap unit dan mereka mampu menyulitkan kami. Mereka menghadirkan lebih banyak masalah dibanding yang tampak dari skor,” katanya.

Meskipun kalah, Italia masih memiliki peluang untuk lolos ke babak berikutnya. Saat ini mereka berada di posisi kedua dengan tiga poin, unggul dua angka dari Albania dan Kroasia. Pertandingan melawan Kroasia pada Selasa (25/6) dini hari WIB akan menjadi penentu nasib mereka di turnamen ini.

Di sisi lain, Spanyol akan menghadapi Albania pada waktu yang sama. Dengan enam poin di tangan, Spanyol berada dalam posisi yang sangat menguntungkan untuk mempertahankan posisi puncak grup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *