Giorgio Chiellini Pensiun dari Sepak Bola

Bek senior Italia, Giorgio Chiellini, mengumumkan pensiun sebagai pemain bola pada Selasa (12/12). Ia mengakhiri karier profesional yang dijalaninya selama lebih dari 20 tahun.

Pria yang kini berusia 39 tahun itu memulai pertualagannya bersama akademi AS Livorno. Pada 2000, Chiellini promosi ke tim senior.

Empat tahun kemudian, mantan pemain kidal tersebut pindah ke Fiorentina. Hanya setahun berselang, ia bergabung dengan Juventus.

Bersama Si Nyonya Tua, Chiellini mengalami periode tersukses dan terpanjang dalam kariernya. Ia meraih 9 gelar Serie A, 5 Coppa Italia, dan 5 Supercoppa Italia.

Setelah bertahan selama 17 tahun, Chiellini akhirnya pindah ke LAFC pada 2022. Ia berhasil menambah satu gelar MLS CUP dan Supporter’s Shield.

Total, selama bermain di level klub, Chiellini mencatatkan 710 penampilan, 44 gol, dan 29 assist.

Baca juga: Zlatan Ibrahimovich Resmi Kembali ke AC Milan

Selain di level klub, Chiellini juga mencicipi kesukesan bersama Tim Nasional Italia. Ia bertindak sebagai kapten saat mereka menjuarai Piala Eropan 2020.

Dari sisi caps, Chiellini bermain 117 kali untuk Azzurri dan mencetak delapan gol.

“Anda (sepak bola) merupakan pertualangan terindah dan paling intens dalam hidup saya. Anda adalah segalanya. Bersama anda, saya melewati jalan yang unik dan tidak terlupakan,” tulis Chiellini di media sosialnya.

“Namun, sekarang adalah waktunya untuk memulai babak baru, menghadapi tantangan baru, dan menulis lembaran yang jauh lebih penting dan menggairahkan dalam hidup,” tutup Chiellini soal keputusannya untuk pensiun tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *