Tak Ada Tempat untuk Kalvin Phillips di Manchester City

Pep Guardiola meminta maaf kepada Kalvin Phillips karena tidak kunjung memberinya kesempatan tampil. Namun, itu ia lakukan karena sang pemain memang tidak ‘layak’ mendapatkannya.

Phillips bergabung dengan Manchester City pada awal 2022/2023. Sejauh ini, ia hanya baru bermain 29 kali saja di seluruh kompetisi dan lima kali dipasang sejak awal.

Situasi tersebut memang dipengaruhi pula karena cedera yang dideritanya. Namun, setelah sembuh, nasibnya tidak banyak berubah.

Musim ini, City sering merasakan kehilangan Rodri sebagai gelandang jangkar utama. Hal tersebut nyatanya tidak membuat Phillips otomatis menjadi penggantinya.

Masa depannya di Manchester Biru pun menjad tidak menentu. Ia dirumorkan akan hengkang pada bursa Januari 2024.

Guardiola pun memahami situasi tersebut. Jika itu terjadi, ia pun mengaku tidak akan mempersulitnya untuk hengkang.

Namun, pelatih asal Spanyol tersebut juga menegaskan bahwa dirinya begitu menyukai karakter Phillips.

Pasalnya, meski tidak kunjung mendapat kesempatan, pemain yang kini berusia 28 tahun itu selalu memberikan 100 persen di sesi latihan.

Itu mengapa Guardiola pun menyampaikan permintaan maaf yang begitu dalam.

Baca juga: Hasil Undian Grup Copa America 2024

“Saya tidak tahu apa yang akan terjadi. Saya menyesal atas Keputusan saya untuknya. Saya mengucapkannya berulang kali,” kata Guardiola dikutip Sky Sports.

“Dia tidak berhak atas apa yang terjadi kepadanya dan saya sangat meminta maaf,” tegasnya.

“Satu-satunya hal yang bisa saya ungkapkan tentangnya adalah saya meminta kepribadian dan karakter yang bagus dan dia adalah contoh yang sempurna,” lanjut Guardiola.

“Setelah itu, saya harus memberi sesuatu untuknya (kesempatan bermain) dan saya tidak melakukannya. Itu karena saya melihat sesuatu dan tim. Saya kesulitan melihatnya,” ujar Guardiola.

“Saya sangat tidak puas (dengan keputusan tersebut) dan saya sangat menyesal kepadanya. Saya tidak akan mengatakan itu karena ini adalah bisnis dan saya harus profesional,” tambah Guardiola.

“Jika Januari tiba dan dia bertahan, saya sangat senang karena dia berlatih sangat baik dan dia adalah seseorang yang sangat menyenangkan dan berkarakter bagus,” pungkas Guardiola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *